Rabu, 25 Juli 2018

Panen Kacang Bersama Warga Sekitar



Memanen Kacang Bersama


            Bangkalan – Pelaksanaan KKN di Desa Batobella dimulai dari tanggal 18 Juli 2018 sampai pada tanggal 12 Agustus ini. Ada beberapa kelompok yang bertempat di kecamatan Geger ini diantaranya kelompok 52. Dengan adanya pelaksanaan KKN yang bertempat di Dusun Perkoneng 1, Desa Batobella, Kecamatan Geger ini diharapkan dapat membenahi dan memberikan ilmu serta pengalaman yang baru dalam mensejahterakan masyarakat di desa ini.
            Masyarakat di Desa Batobella, memiliki mata pencaharian sebagai petani, mereka biasa beraktivitas di pagi hari. Kegiatan dimulai dari matahari belum terbit, sampai menjelang siang hari. Setiap keluarga, baik suami maupun istri melakukan pekerjaan di ladang bekerjasama untuk memanen maupun merawat tanamannya. Mulai dari padi, jagung, dan kacang. Tidak hanya itu, para peternak juga mulai membawa hewan peliharaannya untuk dibawa ke ladang untuk membantu para petani dalam mencocok tanaman.
            Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Juli 2018 kami membantu para petani kacang untuk memanen kacang. Dimulai dari berjalan-jalan di daerah sekitar posko hingga bertemu dengan para petani kacang dan diakhiri dengan pemanfaatan kacang dari hasil memanen sendiri. Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan survei berkelling desa ini, tidak lain hanya untuk melakukan pendekatan dengan warga agar dapat membaur bersama masyarakat desa batobella. 
            Dengan adanya kegiatan yang dilakukan bersama yaitu membangun interaksi dengan warga sekitar membuahkan hasil baik untuk teman-teman kelompok KKN 52 dan para warga. Diantaranya yaitu dapat membaur dengan warga dan dapat menambah ilmu mengenai bagaimana cara memanen kacang dengan baik dan benar. Bertambahnya ilmu dan pengalaman yang didapat disini tidak lain juga membawa dampak yang positif bagi masyarakat sekitar juga, yaitu dengan adanya kita para teman-teman kelompok KKN 52 dapat menjadi relawan tenaga kerja untuk memanen, sehingga dengan adanya kita dapat  meringankan pekerjaan para petani kacang di Desa Batobella.

Lokasi: Geger, Bangkalan Regency, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar