Jumat, 10 Agustus 2018

Pelatihan Hidup Bersih dan Sehat Bersama Teknisi Kesehatan dari Puskesmas Geger


Pelatihan Hidup Bersih dan Sehat Bersama Teknisi Kesehatan dari Puskesmas Geger
 
Pemberian Cinderamata Kepada Para Bidan Puskesmas Geger
Bangkalan - (06/08) Acara yang diselenggarakan oleh para mahasiswa KKN kelompok 52 Universitas Trunojoyo Madura ini bekerja sama dengan instansi yang ada di sekitar daerah Desa Batobella. Dengan mengusung tema Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan sekitar, acara ini memilih tempat di SDN Batobella 1. Dikarenakan kurangnya perhatian dan kesadaran dari berbagai pihak yang ada, maka dibuatlah program kerja tambahan yang dapat bermanfaat untuk pihak sekolah maupun yang berada di sekitarnya.
Dengan mendapatkan usulan dari pihak sekolah mengenai sasaran mana yang akan dijadikan sebagai tujuan dari diadakannya sosialisasi dan pelatihan ini, maka mahasiswa KKN kelompok 52 ini dengan antusias mengadakan sosialisasi beserta pelatihan gosok gigi bersama para dokter dan ibu bidan yang ada.

Suasana Saat Tanya Jawab dalam Sosialisasi Pelatihan Hidup Bersih dan Sehat
"Dengan adanya acara ini, maka untuk kedepannya dapat kita lakukan sosialisasi-sosialisasi dan pelathian lainnya yang bermaksud untuk membenahi lingkungan dan keadaan sekolah kita yang seperti ini" papar kepala sekolah SDN Batobella 1
Keadaan sekolah di SDN Batobella 1 memang bisa dikatakan kurang dalam hal fasilitas dari segi lingkungan sekitar maupun properti yang ada di sekolah, tapi dengan adanya sosialisasi yang sedang berlangsung maka diharapkan dapat membuka kesadaran diri dan inisiatif bahwa hidup sehat dimulai dari diri sendiri, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi lingkungan yang ada di sekitarnya. Termasuk di sekolah, ataupun di rumah.
"Untuk selanjutnya akan kita usahakan untuk ketersediaan dari kotak P3K yang ada di sekolah pak, sehingga dapat menambah fasilitas yang ada disini" ujar Zaitun Ermawati, SST selaku bidan di puskesmas Geger
Kedatangan pihak puskesmas Geger yang secara langsung melihat kondisi di sekolah memberikan hal positif bagi pihak sekolah maupun para murid untuk tetap dan terus mengembangkan hidup sehat baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya. Agar untuk kedepannya keadaan sekolah akan menjadi lebih baik dalam menunjang kegiatan belajar mengajar yang baik dan efektif.
Pelatihan hidup bersih dan sehat menurut pendapat Zaitun Ermawati, SST disini terdiri dari 8 indikator, diantaranya cuci tangan memakai sabun, membeli jajan di kantin sekolah yang sehat, membuang sampah pada tempatnya, mengikuti kegiatan olahraga, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk di sekolah, dan yang terakhir tidak merokok di sekolah.
"Acara ini sangat mendukung sekali untuk dilaksanakan, dan ini merupakan yang pertama kalinya disini, harapannya dengan adanya sosialisasi ini seluruh masyarakat baik dengan guru maupun siswa siswi disini untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah" ujar Dr. Mujiono, selaku kepala sekolah SDN Batobella 1.
Berbagai reaksi dan tanggapan dari para siswa mengenai diadakannya pelatihan hidup sehat dan bersih ini sangat beragam, ada yang mendengarkan dari awal sampai akhir, ada yang mencatat sambil bergurau dengan temannya di belakang, sampai ada yang tidak mendengarkan sama sekali sehingga ia sampai dipanggil maju ke depan oleh pemateri yang tengah menjelaskan saat sosialisasi berlangsung.

Pengarahan kepada Siswa Tentang Cara Menggosok Gigi dengan Benar

Sedangkan saat pelatihan gosok gigi di halaman depan sekolah berlangsung sangat meriah, antusiasme para siswa dalam mengikuti diselingi sambil bermain air membuat acara gosok gigi bersama menjadi ramai. Ketersediaan air yang minim tidak membuat acara pelatihan disini terhambat, berbondong bondong mahasiswa KKN kelompok 52 bersama dengan para guru membantu menyalurkan air menuju tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) di sekolah.
Dengan demikian program kerja mahasiswa KKN kelompok 52 ini secara tidak langsung membantu dan memudahkan akses menuju fasilitas hidup bersih dan sehat dalam sistem pendidikan yang ada di Desa Batobella ini.
Lokasi: Geger, Bangkalan Regency, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar