Sejarah

       Menurut sejarah dari dulu sampai sekarang nama Batobella diambil dari peristiwa seorang pangeran yang datang ke desa ini membawa cambuk dan membelah Batu (Bukit) menjadi dua, yang akhirnya diberi namalah desa ini desa batobella .
        Desa ini memiliki hamparan seluas ± 320 Ha yang meliputi wilayah ladang dan perbukitan. Perbukitan yang subur dan dingin dengan potensi pertanian berupa ubi – ubian serta berbagai buah buahan (rambutan, durian, pepaya, ). Desa ini juga memiliki curah hujan yang relatif sedang maka mata pencaharian masyarakat setempat rata – rata berladang. Pertanian yang diandalkan adalah padi dan umbi umbian  tadah hujan. Kondisi ini menyebabkan masyarakat memiliki pola perekonomian dan pola pertanian yang unik dan kebanyakan banyak yang merantau ke luar negeri dari saking sulitnya lapangan pekerjaan didesa, sehingga untuk mencukupi kehidupannya mereka memilih mengadu nasibnya ke luar negeri.
        Desa Batobellah memiliki   batas-batasnya yaitu, Sebelah Utara  : Desa Campor Kec. Geger, Sebelah Selatan: Desa Batogubeng Kec. Geger, Sebelah Barat  : Desa Tegar Priya Kec. Geger,Sebelah Timur : Desa Kampak Kec. Geger


#Pesona Desa Batobellah

0 komentar:

Posting Komentar