Tanaman Padi

Padi (Oryza sativa) adalah salah satu bahan makanan pokok yang ada di Desa Bato Bellah. Rata- rata masyarakat Bato Bellah mengkonsumsi beras dan jagung. Padi mengandung karbohidrat yang banyak yang tergolong dalam suku padi- padian. Masa tanam  padi sekitar 3- 4 bulan.  Perawatan padi cukup rumit dimana masyarakat harus memperhatikan  air tanah di sawah dan senantiasia harus mencegah dari serangan hama. Adapun hama yang sering menyerang tanaman padi yaitu berupa rumput liar, tikus sawah, wereng, belalang, dan burung. Masyarakat juga harus memperhatikan kesuburan dari tanah yaitu dengan melakukan pemupukan pada tanaman, agar padi dapat tumbuh dengan baik dan dapat meningkatkan hasil panen. Sehingga, diperlukan adanya perawatan yang ekstra.
Kodisi tanah di Desa Bato Bellah yang cukup subur sangat memungkinkan untuk dilakukan budidaya padi. Masyarakat desa biasanya menananam padi pada saat musim penghujan sehingga tidak sulit untuk mendapatkan air dan adanya aliran air di penampang sawah dapat mendukung kehidupan dari tanaman padi. Pembajakan sawah untuk menanam padi biasanya dilakukan secara manual dengan sapi dan juga menggunakan alat bantu traktor sehingga tanah lebih gembur dan subur.
Pemanenan dilakukan saat umur padi sekitar 4 bulan, dimana kulit padi telah menguning kecoklatan serta daun padi yang telah coklat menua. Masyarakat biasa memanen secara manual dengan menggunakan sabit pada bagian batang padi. Kemudian hasil pemotongan batang padi dibawa ke tempat penggilingan padi (menggunakna mesin penggiling padi) untuk memisahkan antara padi dengan batangnya dan ada sebagian masyarakat yang melakukan pemanenan dan pemisahan dilakukan secara manual semua.
Hasil panen padi masyarakat Desa Bato Bellah biasanya dimanfaatkan sendiri sebagai bahan makanan pokok, dan sebagian ada yang dijual kering baik yang telah terpisah dari kulitnya maupun yang belum terpisah dari kulitnya. Adapun harga jual padi yang belum terpisah dari kulitnya biasanya dijual seharga 3.500- 5.000 per kilogram. Sedangkan padi yang sudah terpisah dari kulitnya biasa dijual seharga 8.500- 12.000 per kilogramnya.  

0 komentar:

Posting Komentar